Silahkan Tinggalkan Pesan

Jumat, 21 Mei 2010

Latihan Kebugaran Jasmani

Pedoman Latihan Kebugaran
 
Sebelum latihan berat, Anda harus mengetahui pentingnya untuk melakukan pemanasan atau latihan perengangan untuk mencegah kecelakaan, atau untuk meningkatkan hasil yang didapat selama melakukan pelatihan
Ada juga sejumlah langkah-langkah pencegahan dan tips yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman ketika melakukan latihan kebugaran. Berikut adalah beberapa yang berguna.
Peregangan
  1. Untuk meningkatkan fleksibilitas dan untuk menghindari kecelakaan, lakukan peregangan atau pemanasan sebelum dan setelah latihan. Hampir semua orang tahu bahwa peregangan sebelum melakukan latihan dapat mencegah cedera selama latihan, tetapi hanya sedikit orang tahu bahwa peregangan juga bermanfaat setelah latihan, saat otot masih hangat, peregangan dapat meningkatkan fleksibilitas.
  2. Tahan posisi peregangan lebih dari 60 detik untuk meningkatkan fleksibilitas. Sebenarnya menahan posisi Anda masing-masing selama 20 detik sudah cukup untuk pemanasan, sedangkan menahan posisi setidaknya 60 detik akan mengembangkan fleksibilitas tubuh.
  3. Jangan melakukan posisi peregangan yang kemudian ddengan segera kembali ke posisi santai, dan melakukannya hingga berulang kali. Hal ini dapat menyebabkan kejang kerusakan beberapa sendi atau otot. Jadi, ketika Anda melakukan peregangan, tahan posisi selama beberapa detik, kemudian lepaskan secara perlahan dan santai.
  4. Lakukan latihan secara bertahap, jangan langsung melanjutkan untuk melakukan latihan atau posisi yang sulit.
  5. Pastikan bahwa Anda telah melakukan peregangan untuk semua kelompok otot yang ada. Untuk beberapa orang, meskipun mereka memiliki tubuh yang kuat, mereka cenderung mengabaikan peregangan leher ketika melakukan peregangan pada tubuh. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari peregangan.
  6. Lakukan peregangan secara teratur untuk terus meningkatkan jangkauan pergerakan dan tingkat fleksibilitas dan kekuatan tubuh.
  7. Lakukan peregangan dan latihan dengan mempertimbangkan kemampuan Anda dan bukan orang lain. Jangan memaksa Anda untuk melakukan peregangan dan latihan yang anda belum mampu hanya karena ada orang yang dapat melakukannya. Tingkatkan batas Anda secara perlahan. Ada hari ketika tubuh Anda mungkin terlalu capai yang mungkin Anda harus mempertimbangkan mengurangi berbagai gerakan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar